Farid's Habit

Server

Penyedia/server merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Penyedia didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar,dan juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan. Penyedia juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya contoh sepertihalnya berkas atau pencetak, dan memberikan akses kepada stasiun kerja anggota jaringan.

Umumnya, di dalam sistem operasi Penyedia terdapat berbagai macam layanan yang menggunakan arsitektur klient/server. Contoh dari layanan ini adalah Protokol Konfigurasi Hos Dinamik, Penyedia surat, Penyedia PTH, Penyedia PTB, Penyedia DNS, dan lain sebagainya. Setiap sistem operasi Penyedia umumnya membundel layanan-layanan tersebut, meskipun pihak ketiga dapat juga membuat layanan tersendiri. Setiap layanan tersebut akan menanggapi permintaan dari klien. Sebagai contoh, klien PKHD akan memberikan permintaan kepada Penyedia yang menjalankan layanan Penyedia PKHD; ketika sebuah klien membutuhkan alamat IP, klien akan memberikan permintaan kepada Penyedia, dengan bahasa yang dipahami oleh Penyedia PKHD, yaitu protokol PKHD itu sendiri.

Contoh sistem operasi Penyedia adalah Windows NT 3.51, dan dilanjutkan dengan Windows NT 4.0. Saat ini sistem yang cukup populer adalahWindows 2000 Server dan Windows Server 2003, kemudian Sun Solaris, Unix, dan GNU/Linux.
Penyedia biasanya terhubung dengan klien dengan kabel UTP dan sebuah kartu jaringan. Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA.
Dilihat dari fungsinya, Penyedia bisa di kategorikan dalam beberapa jenis, seperti Penyedia aplikasi, Penyedia data maupun Penyedia proksi. Penyedia aplikasi adalah Penyedia yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh klien, Penyedia data sendiri digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan klien secara langsung maupun data yang diproses oleh Penyedia aplikasi. Penyedia proksi berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proksi. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer klien ke Internet.
Kegunaan Penyedia sangat banyak, misalnya untuk situs web, ilmu pengetahuan, atau sekadar penyimpanan data.

sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Peladen

No Response to "Server"

Posting Komentar