Farid's Habit

Tips Merawat Kamera.

Sebelum gue ngebacot yang menjenuhkan, gue mau berbagi aja nih bagi pencinta photography yang kurang tua (tau) merawat kamera lo lo pada.
sayang kan kalo pacar kalian, maksud saya kamera pemirsa, kalo rusak.
Kebanyakan ngebacot banget ya gue, ini deh gue kasih langsung
cekidot lets getiton yo brada;

Ketika kamera SLR analog pertama gue tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya, baru gue sadar kalau gue sudah tidak melakukan perawatan yang seharusnya dilakukan pada sebuah kamera. Tidak seperti ketika masih baru, setiap hari pasti dilap sampai mengkilap. Tapi ketika kesibukan dan pekerjaan sehari-hari sudah menyita waktu, maka perawatan rutinpun terabaikan.

Tips perawatan kamera di bawah ini tidak hanya berlaku pada kamera DSLR, tapi dapat diaplikasikan pada semua jenis kamera :

1 . Merawat bodi kamera.
Bersihkan bagian luar bodi kamera dengan kain yang lembut, gunakan blower untuk menyingkirkan debu yang menempel di sudut-sudut. Pembersihan bagian dalam dimulai dengan menggunakan blower, lalu blower brush untuk kotoran yang membandel, me-lock up mirror ke atas jika ingin memblower bagian sensor. Saya tidak merekomendasikan anda untuk membersihkan sendiri jika ada kotoran yang membandel di bagian sensor kamera karena sensor adalah bagian yang sangat sensitif.

2. Merawat lensa.
Jangan menyentuh bagian optis lensa dengan jari, pasang selalu filter pelindungnya atau gunakan lens hood. Pasang selalu tutup lensa jika tidak sedang digunakan untuk mengurangi resiko debu menempel. Jika ingin membersihkan lensa, gunakan blower terlebih dahulu, lalu lens brush, baru lens cloth jika ada bekas jari yang menempel.

3. Merawat batere.
Jangan mencharge batere secara berlebihan, segera cabut jika sudah penuh. Lepaskan batere dari dalam kamera jika sedang tidak digunakan, usahakan agar hanya memakai batere original.

4 . Merawat kartu memori.
Biasakan untuk menyimpan kartu memori di dalam casingnya agar terhindar dari debu, terpapar benda bermedan magnet dan memperpanjang umur kartu memori.

5 . Penyimpanan kamera.
Jika memiliki dana lebih dapat dipertimbangkan untuk memiliki drybox yang menggunakan alat pengatur kelembaban sebagai tempat penyimpanan kamera atau cara hemat seperti saya, simpan kamera di dalam plastik ber-clip yang diberi silica gel, simpan di tempat kering dan jauhi benda-benda bermagnet.

Dengan cara seperti ini mudah-mudahan peralatan fotografi anda bisa lebih awet dan berumur panjang, dan langgeng sampai ke pelaminan. AMIIIIIIINNNNN!!!!!
Reaksi lo: 

4 Response to "Tips Merawat Kamera."

gravatar
wenwen Says:

wahh photografer yah kamuu :)

gravatar
Si 7og4nK Says:

Bacotan yang bermanfaat brother selama ini cumba bisa make aja cara ngerawat yang full kayak gini gak pernah palingan cuma di mandiin pas malem jum'at kliwon aja.

gravatar
gaska adam Says:

bermanfaat info nya .. thanks ..

Di tunggu kunjungan balik nya yah sob .. :p
wakwak

gravatar
farid zamzami Says:

semoga bermanfaat ya :)

Posting Komentar